5 Tips Memilih Obat Darah Tinggi yang Tepat dan Aman

Belakangan ini hipertensi menjadi salah satu penyakit penyumbatan pembuluh darah yang cukup membuat khawatir. Rasa cemas ini semakin menjadi-jadi ketika beberapa kasus menyebutkan bahwa penderita darah tinggi mempunyai peluang besar untuk terkena serangan jantung dan stroke. Kondisi tersebutlah yang kini membuat obat darah tinggi sering dikonsumsi secara berlebihan oleh pasien.

Sedangkan disisi lain, dosis obat yang beredar di pasaran tidak jarang tidak terkendali. Efek buruk yang terjadi adalah kondisi pasien semakin buruk dan tidak menutup kemungkinan untuk timbulnya komplikasi. Sebenarnya, badan selalu memberikan sinyal ketika dia merasa tidak nyaman. Tetapi, terkadang kebanyakan orang membiarkannya begitu saja. Kebiasaan tersebut menjadi penyebab penyakit tidak langsung mendapat penanganan yang tepat.

Hipertensi itu sendiri adalah keadaan dimana seseorang mempunyai tekanan darah di angka 140/90mmHg. Kondisi ini berbahaya bagi tubuh karena secara tidak langsung tubuh dipaksakan untuk memompa darah menuju seluruh badan. Sehingga sering menimbulkan gagal jantung, gangguan stroke, gagal ginjal, dan resiko lainnya. Sedangkan untuk penyebab seseorang terkena darah tinggi ada banyak. Misalnya saja, sering minum alkohol, gangguan pada ginjal, kesulitan pernafasan ketika tidur, dan pola hidup yang kurang sehat.

Anda tidak perlu khawatir karena sekarang obat darah tinggi bisa dijumpai di berbagai apotek. Namun, bukan berarti pasien harus bergantung dengan bahan kimia tersebut. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa sesuatu yang dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama akan memberikan dampak buruk. Berikut beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar darah tinggi dalam tubuh.

  1. Olah Raga

Seperti yang sudah diketahui bahwasannya aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi tubuh. Dia tidak hanya berguna untuk mengeluarkan kotoran lewat keringat. Olah raga juga menjadi salah satu cara terampuh agar badan selalu segar. Berlari kecil setiap hari selama 30 menit akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak manfaat lain darinya.

  1. Pola Makan dan Minum

Berikutnya mulai belajar untuk mengatur pola makan yang sehat. Sehat tidak harus mahal. Anda perlu memastikan apakah makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh bermanfaat untuk badan. Bisa saja dimulai dari memasak sayuran sendiri dan perbanyak minum air putih.

  1. Berhenti Merokok

Merokok menjadi faktor terbesar dari timbulnya penyakit. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memperdulikan akibat buruk dari kebiasaan tersebut. Jangan sampai kesenangan sesaat ini membuat Anda kecewa selamanya. Berhenti merokok termasuk sikap terpuji yang harus dibiasakan dari sekarang. Kesehatan lebih penting dari pada sensasi sebatang rokok.

Ketika sudah berhasil menjaga pola hidup yang benar. Langkah berikutnya untuk mengurangi tekanan darah tinggi ialah dengan mengonsumsi obat yang disarankan dokter. Anda tidak diperbolehkan untuk membeli obat penurun darah tinggi secara sembarangan. Hal ini untuk menjaga diri kesalahan dosis. Dibawah ini tips menentukan obat hipertensi:

  • Dieurik, pertama terdapat dieurik bagian dari jenis obat penurun hipertensi yang bekerja dengan cara mengurangi cairan pada pembuluh darah. Cara kerja ini yang kemudian membuat pasien sering buang air kecil.
  • Beta Blokers yang membuat tekanan darah turun dengan cara mengurangi hormon adrenalin dalam tubuh. Secara bersamaan kerja jantung melambat.

Obat darah tinggi bisa disesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan. Namun, sebelumnya pasien wajib melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapat rekomendasi yang tepat. Pola hidup sehat tidak membutuhkan pengeluaran banyak. Anda hanya perlu menyediakan waktu 30 menit untuk berolah raga setiap harinya. Cukup berlari kecil atau berjalan menikmati pemandangan sekitar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *