Analisa Broker Asuransi Terhadap Perlindungan Risiko di Sektor Teknologi

Teknologi telah sangat berpengaruh dan mengubah bisnis. Hampir seluruh perusahaan telah menerapkan penggunaan teknologi untuk mempercepat inovasi dan produktivitas seperti penyimpanan dan pertukaran data, baik data perusahaan, data transaksi, dan data penting lainnya.

Seiring dengan penggunaan teknologi yang tidak hanya mempercepat inovasi dan produktivitas, hal ini juga memperluas risiko terhadap ancaman dunia maya dengan peretasan atau serangan siber. Ini artinya bahwa setiap bisnis, terlepas dari profil bisnis, industri, geografi, atau ukuran, memiliki risiko terhadap penggunaan teknologi.

Mengidentifikasi dan memutuskan solusi atas risiko kejadian akibat penggunaan teknologi diperlukan proses penerapan manajemen risiko untuk dapat mengidentifikasi risiko dan solusi jika risiko terjadi.

Meminimalisir Risiko Kerugian Finansial

Dalam  mengidentifikasi risiko di industri komunikasi, media, dan teknologi (CMT), dibutuhkan strategi penilaian risiko dan analitik yang kuat, serta wawasan mendalam untuk membantu memahami dan mengelola risiko dengan baik. Hal ini akan membantu memberikan solusi perlindungan lebih besar bagi perusahaan.

Salah satu cara untuk meminimalkan risiko kerugian secara finansial yakni dengan mentransfer risiko melalui kepemilikan asuransi. Asuransi dapat menjadi cara yang efektif untuk menekan risiko kerugian tersebut. Dibawah ini adalah beberapa jenis perlindungan Asuransi yang disarankan:

  1. Errors and Omissions

Jenis asuransi ini mencakup klaim yang timbul dari kesalahan atau kelalaian yang tidak disengaja, khusunya untuk bisnis yang memberikan saran atau layanan profesional. Tindakan kelalaian yang tidak disengaja tersebut seperti produk, layanan atau fitur tidak dikirimkan seperti yang dijanjikan, menyebabkan klien kehilangan laba karena saran yang salah dan mencakup segala tindakan non-kooperasi dengan klien antara lain menyembunyikan informasi, atau kegagalan berkomunikasi.

  1. Liability Insurance atau Asuransi Tanggung Gugat

Memiliki Asuransi Tanggung Gugat, dapat memberikan manfaat dan melindungi pengusaha dari kewajiban hukum keamanan finansial dan bantuan keuangan kepada karyawan dan pihak ketiga. Jenis asuransi ini menangani klaim termasuk pelanggaran hak cipta perangkat lunak atau tanggung jawab di dunia maya. Berikut adalah dua jenis diantaranya:

  • Employers Liability

Memberikan jaminan risiko seorang pemilik usaha ketika terjadi pelanggaran hak cipta perangkat lunak atau tanggung jawab di dunia maya oleh karyawan.

  • Professional Liability

Jenis asuransi ini memberikan jaminan kepada pengusaha secara hukum jika terjadi sesuatu yang menyebabkan kerugian akibat pelanggaran hak cipta perangkat lunak atau tanggung jawab di dunia maya akibat kelalaian pengusaha maupun karyawannya.

  1. Network Security Liability

Kebijakan ini dirancang untuk melindungi bisnis dari kerugian yang terkait dengan akses tidak sah ke data perusahaan. Risiko cyber yang mungkin terjadi antara lain pencurian data, pelanggaran, penolakan serangan layanan, virus komputer, dan transaksi e-commerce tidak sah.

  1. Commercial Property

Jenis asuransi ini melindungi risiko kerugian dari harta benda properti komersial atau aset penting bisnis yang dijamin seperti komputer, telepon, meja, printer, dan sebagainya. Asuransi akan melindungi aset properti dari kerusakan fisik oleh tindak pencurian, kebakaran, vandalisme, dan risiko lainnya.

  1. Workers Compensation

Jenis asuransi ini melindungi karyawan perusahaan yang terluka akibat kecelakaan kerja. Selain itu, asuransi ini juga melindungi karyawan dari biaya yang berasal dari penyakit terkait dengan pekerjaan.

Memiliki Asuransi bisnis sesuai risiko bisnis sudah menjadi keharusan bagi perusahaan dalam melindungi keberlangsungan bisnis.  Pembelian jenis asuransi bisnis yang tepat, efektif dan sesuai dengan risiko bisnis dapat dimiliki melalui jasa broker asuransi. Perusahaan dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman broker asuransi untuk penerapan strategi manajemen risiko yang lebih baik, membantu pemilihan produk asuransi sesuai kebutuhan dan risiko bisnis serta memberikan konsultasi seputar masalah klaim. Bisnis perusahaan berjalan lancar tanpa pengaruh risiko yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *