Gluten Adalah Jenis Protein yang Memiliki Banyak Fungsi Bagi Tubuh

Bila bukan dari praktisi kesehatan mungkin banyak dari masyarakat Indonesia yang masih asing dengan apa itu gluten. Jadi gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan antara gandum biasa, jelai atau barley. Apabila dalam sebuah makanan bertuliskan gluten – free bisa dikatakan bahwa makanan tersebut tidak mengandung protein gluten dan bebas glutery. Biasanya makanan yang tidak mengandung gluten ditujukan untuk mereka yang menderita penyakit tertentu seperti celiac dan tubuh seseorang yang tidak bisa menerima gluten.

Gluten memiliki peran yakni sebagai lem yang akan membantu makanan tetap menempel. Selain itu juga bisa menjaga makanan agar bentuknya tidak berubah. Biasanya makanan yang mengandung gluten yaitu makanan yang berasal dari biji-bijian atau terbuat dari biji-bijian seperti contohnya adalah jelai, gandum, wafer, beberapa jenis bir, sereal dan lain-lain. Sebagai informasi terdapat dua jenis protein yang ada pada gluten yaitu glutenin dan gliadin. Apabila kita campurkan tepung dengan air, biasanya protein yang ada pada gluten akan membentuk jaringan yang lengket menyerupai lem.

Terkadang gluten memang memiliki dampak yang buruk bagi beberapa orang. Seperti contohnya mereka yang menderita penyakit celiac yang merupakan salah satu penyakit gangguan autoimun. Biasanya orang yang menderita penyakit ini sistem imun yang ada pada tubuhnya akan mendeteksi bahwa gluten merupakan zat yang sangat berbahaya kemudian akan menyerang gluten dan juga lapisan usus. Bagi Anda yang tidak memiliki masalah dengan gluten, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari gluten. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

  1. Meminimalisir resiko keracunan logam
    Seperti yang kita ketahui bahwasanya olahan nasi dan ikan memang bisa saja terkontaminasi oleh beberapa bahan logam berat. Seperti contohnya adalah zat arsenik, merkuri sampai dengan kadmium. Untuk mencegah dan meminimalisir keadaan tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai macam atau jenis makanan yang mengandung protein gluten. Biasanya kandungan logam berat dalam darah bisa menjadi lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.
  2. Meminimalisir diabetes tipe dua
    Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup memiliki resiko. Penyakit ini ditandai dengan kadar gula yang ada di dalam darah sangat tinggi dan berada di atas normal. Biasanya untuk diabetes tipe 2 disebabkan oleh kekurangan insulin dibandingkan dengan kadar gula darah. Biasanya orang yang mengkonsumsi gluten memang memiliki tingkat resiko 13% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.
  3. Mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung
    Gluten juga dipercaya mampu untuk mengurangi resiko penyakit serangan jantung. Berdasarkan dari berbagai macam penelitian kesehatan dari Universitas Harvard menyebutkan bahwa sebanyak 6000 kasus penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat melakukan perawatan dengan mengkonsumsi gluten dan ternyata berhasil menurunkan resiko berkembangnya penyakit tersebut sebesar 15%.

Gluten adalah salah satu hal yang kerap dianggap berbahaya oleh sebagian orang. Padahal dalam kenyataannya gluten ternyata juga memiliki dampak yang positif bagi tubuh yang bisa menerima dan tidak alergi atau inteloran terhadap gluten. Tidak heran bila ada banyak sekali perusahaan makanan yang mencoba untuk mempromosikan produk mereka dengan label free gluten. Dan seperti yang diketahui bahwasanya makanan yang free gluten biasanya memang memiliki harga yang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan makanan yang mengandung gluten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *